Rabu, 03 Agustus 2011

Letusan Gunung Marapi Capai 1 Kilometer

Gunung Marapi (Foto: Rus Akbar/okezone)
Gunung Marapi (Foto: Rus Akbar/okezone)
BUKITTINGGI - Hujan abu dan bau belerang yang menerjang Padang Pariaman ternyata disebabkan oleh letusan Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pos Pengamatan Gunung Marapi di belakang balok, Bukittinggi, mencatat letusan pertama setinggi 1.000 meter terjadi pukul 09.00 WIB, Rabu (3/8/2011). Hingga pukul 10.00 WIB, letusan terjadi sebanyak delapan kali.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Marapi Warseno mengatakan, saat terjadi letusan Gunung Marapi tidak tertutup awan, sehingga kepulan asap dari gunung tersebut terlihat jelas.

Sementara itu hujan abu dilaporkan telah mencapai daerah Sicincin dan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan di Kota Bukittinggi warga terlihat masih beraktivitas seperti biasa.

Pos Pengamatan Marapi belum mengeluarkan peningkatan status marapi ataupun imbauan kepada warga untuk mengungsi.

Sekadar diketahui, Gunung Marapi memiliki ketinggian 2.891 di atas permukaan laut dan terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar. Gunung Marapi tercatat terakhir memuntahkan awan panas pada 2005 lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blog Saya dan Semoga Isi dan Informasi - Informasi Yang Terdapat di Blog Saya Bermanfaat Bagi Anda Para Pengunjung